Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

News

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

badge-check


					HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan Perbesar

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan (EP) UMSU, untuk pertama kalinya berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan, yaitu sebagai penerima bantuan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2024 dengan tema “Optimalisasi Transformasi Ekonomi Biru Masyarakat Pesisir Melalui Program Desa Maritim Unggul Berbasis Goal Oriented Project Planning (GOPP) di Desa Perlis”.

Hasil ini berdasarkan pengumuman di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Republik Indonesia yang diumumkan tanggal 21 Mei 2024 melalui surat 3508/E2/DT.01.01/2024.

Pada Senin (8 Juli 2024) telah dilaksanakan pembukaan kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) di Aula Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat. Dihadiri Camat Brandan Barat yang diwakili oleh Sekretaris Camat Liliana Manurung S.H., Kepala Desa Perlis Junaidi Salim, Wakil Dekan III FEB UMSU Dr. Hasrudi Tanjung S.E., M.Si., Sekretaris Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UMSU Dra. Roswita Hafni M.Si., Sekretaris Student Research and Creative Center (SRCC) UMSU Linzzy Pratami Putri S.E.,M.M, didampingi oleh Dr. Edi Suprayetno M. Pd., Dosen pendamping Dr. Sylvia Ranita S.E, M.Si., Ketua Umum HMJ Ekonomi Pembangunan UMSU M. Rizqi Pasaribu, serta para kepala dusun dan warga Desa Perlis.

Ketua pelaksana Siti Naila mengatakan ‘’program PPK Ormawa ini merupakan target yang telah dicapai dari visi HMJ-EP yaitu mewujudkan HMJ-EP menjadi sebuah organisasi yang aktif, dan kreatif serta berdampak bagi masyarakat dan membentuk organisasi yang berlandaskan solidaritas dan kekeluargaan sehingga terwujudnya organisasi yang memiliki kesadaran atas kerja sama, tanggung jawab dan kepedulian satu sama lain serta meningkatkan nilai eksistensi sebuah organisasi”.

Mengangkat tema “Optimalisasi Transformasi Ekonomi Biru Masyarakat Pesisir Melalui Program Desa Maritim Unggul Berbasis Goal Oriented Project Planning (GOPP) di Desa Perlis”. Dengan membuat 8 program yang akan dilaksanakan yaitu membangun Sektor Pertanian, membuat Pupuk Organik Cair (POC), mengelola sampah menjadi paving blok, mengaktifkan BUMDES, memberikan bantuan filtrasi Air Laut, membuat workshop digital marketing, pembuatan kapur dari kulit kerrang, dan mengembangkan wisata kuliner hasil laut.

Bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi desa melalui pengolahan limba, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, dan mendukung ketahanan pangan melalui aktivitas tani tanaman potensial.

Camat Brandan Barat yang diwakili oleh Sekretaris Camat Liliana Manurung S.H. sangat mendukung kegiatan PPK Ormawa UMSU ini.

“Desa Perlis merupakan desa yang tertinggal sehingga sangat mengharapkan adanya dukungan dari para mahasiswa. Dengan adanya PPK Ormawa ini dapat membantu masyarakat untuk menjadi lebih maju agar keluar dari label desa tertinggal”. Ucapnya.

Menurut data BPS 2023 tingkat kemiskinan di Desa Perlis mencapai angka 9% maka ini adalah tantangan yang harus diselesaikan, dengan adanya kegiatan PPK Ormawa HMJ Ekonomi Pembangunan UMSU. Kepala Desa Perlis sangat bersyukur atas kehadiran tim PPK Ormawa HMJ EP UMSU.

“dari sekian banyak desa di Kabupaten Langkat, Desa Perlis terpilih menjadi objek perbedayaan dalam kegiatan PPK Ormawa. Kami sangat senang karena mendapat perhatian khusus dari mahasiswa UMSU”. Tambahnya

Saya harap seluruh warga dapat bekerja sama untuk menjalankan program PPK Ormawa dan menganggap mereka seperti anak kita sendiri, jangan sungkan bila memerlukan bantuan apapun karena kami seluruh warga dan perangkat desa siap membantu”. Harapnya

Kegiatan PPK Ormawa ini mendapat dukungan penuh dari perangkat desa serta antusias warga Desa Perlis.

Sekretaris SRCC UMSU Linzzy Pratami Putri S.E, M.M mengatakan “PPK Ormawa merupakan program dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dimana dilaksanakan melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Mereka adalah mahasiswa hebat yang terpilih di organisasi dan berkesempatan untuk mengikuti kegiatan PPK Ormawa ini”.

Diakhiri dengan pesan dari Wakil Dekan III FEB UMSU sekaligus membuka kegiatan PPK Ormawa “mengucapkan terima kasih kepada pihak desa yang telah menerima mahasiswa kami dengan baik untuk melakukan program PPK Ormawa di Desa Perlis. Berharap program ini tidak hanya sementara tetapi dapat terus berlanjut untuk kedepannya”.
Harapan kami selaku tim pelaksana PPK Ormawa HMJ-EP UMSU yaitu program yang kami laksanakan dapat berjalan dengan lancar serta memberikan dampak positif terhadap masyarakat sehingga dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Desa Perlis melalui program yang kami laksanakan.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah

2 Juli 2024 - 15:04 WIB

Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat

29 Juni 2024 - 22:56 WIB

Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

23 Juni 2024 - 18:43 WIB

Lewat PKM, Mahasiswa S2 Ekonomi Syariah dan Dosen UIN Syahada Bantu Gen Z Melek Keuangan Syariah

23 Juni 2024 - 18:14 WIB

Workshop Prodi S2 Ekonomi Syariah UIN Syahada Sidimpuan, Wujudkan Kurikulum Unggul Berbasis OBE

22 Juni 2024 - 00:52 WIB

Trending di Daerah