Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Masyarakat

Pasar Anugrah Desa Batahan I Butuh Penataan Kerapian

badge-check


					Istimewa Perbesar

Istimewa

BATAHAN– Pasar Anugrah pasar Tradisional Desa Batahan I Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatra Utara Indonesia sudah berusia lebih kurang 30 tahun yang diawali pasar ini terletak disimpang Koordes / Km 09 dari Kota Batahan menuju kota Sinunukan.

Pasar ini dulunya diprakarsai oleh Koordinator Desa Batahan I ( Transimigrasi Batahan I alies Trans Simine) yaitu Alm AM Dalimunthe sebagai Kordes dan sebagai Kepala Unit Pemukiman Transi migrsai pada tahun itu bernam Zupri yang saat ini sudah pengsiun tinggal di Desa Namutrasi Pasar I Purwobinangun Kabupaten Langkat.

Dengan perjalan waktu pasar ini dipindahkan ke jalan pertigaan antara Desa Batahan I, Batahan II dan Batahan III serta Batahan IV.

Sesuai program pemerintah padawaktu itu pasar ini di alihkan ke lahan pasilitas umum Desa Batahan I Eks Transimigrasi.

Saat ini pasar Anugrah ini sangat menjanjikan pada para pedagang dan sangat menguntungkan bagi masyarakat karna tempatnya yang sangat strategis yaitu di pertengahan Desa Batahan II, Batahan III, Batahan IV , Desa Banjar Aur serta PT.PTPN-IV kebun Timur, Kebun Balap dan Kebun Plasma.

Namun sesuai komentar salah satu pedagang pasar Anugrah ini Najamuddin perlu penataan lebih maksimal lagi terutama penataan kerapian tata kios.Los kios yang dibangun pemerintah yang sangat menguntungkan mulai lapuk dimakan usia tentu perlu perhatian serius dari pemerintah.

Seperti dikutip pernyataan pengelola pasar Darhalim Nasution katanya : Perhatian pemerintah Desa sudah maksimal dalam penataan pasar, Jembatan sudah dibangun, penataan parkir. Sudah disediakan, MCK sudah dibangun dari Dana Desa.

Dilihat dari letak dalam Desanya pasar Anugrah ini dekat dengan Masjid Dusun II Nurul Falah, SDN 350, Alun-alun Desa dan jika pemerintah akan membangun saya bertanggung jawab untuk bersama masyarakat dan kepala Desa menyediakan penambahan lahan bersebelahan dengan pasar Anugrah untuk pertambahan los pasar.Kami dari Desa akan Hibahkan kepada pemerintah.

Saya berharap agar pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pusat agar mengalokasikan Dana ke pasar Anugrah ini karna dilihat dari semua sisi sangat menjanjikan untuk peningkatan perekonomian masyarakat lokal. Saya taksir seratus juta lebih kurang uang bergulir di pasar Anugrah ini setiap minggunya yaitu hari Sabtu.

Reporter : A Lubis, S.H

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kader Tapak Suci Kota Medan di Aniaya Oknum tidak dikenal di Cafe Mahoni

21 Juli 2024 - 20:52 WIB

Lewat PKM, Mahasiswa S2 Ekonomi Syariah dan Dosen UIN Syahada Bantu Gen Z Melek Keuangan Syariah

23 Juni 2024 - 18:14 WIB

Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga di Swalayan

27 Mei 2024 - 08:13 WIB

Muhammad Fachrul Hudallah (Ketua Gerakan Peduli Konsumen)

Pj Kades Tabuyung Pecat Kadus Secara Sepihak, Alasannya Belum Diketahui

13 Mei 2024 - 12:44 WIB

Mendorong Pendidikan, Desa Tabuyung Berikan Beasiswa untuk Siswa Berprestasi

6 Maret 2024 - 17:51 WIB

Trending di Daerah