Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Warta

Pasca Aksi Bakar Diri, Ini Desakan IMM SUMUT Kepada UNHCR!

badge-check


					Herman Sakti sekretaris DPD IMM Sumut  ketika dimintai keterangan awak media di depan kantor UNHCR Medan Perbesar

Herman Sakti sekretaris DPD IMM Sumut ketika dimintai keterangan awak media di depan kantor UNHCR Medan

Pasca aksi bakar diri yang dilakukan oleh AS (22) pengungsi Afghanistan di depan gedung Forum Nine, kantor UNHCR Medan selasa (30/11) lalu mendapat perhatian dari berbagai kalangan mahasiswa.

Salah satunya yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumut dan menilai kejadian tersebut diduga karena sulitnya komunikasi antara UNHCR dan IMO dengan refugee (pengungsi).

“IMM turut berduka cita atas dasar kemanusiaan yang dialami oleh refugee yaitu atas ketidak jelasan tentang hak asasi manusia dan pemindahan mereka ke negara ketiga yg mengakibatkan salah satu dari mereka membakar diri karena keprustasian terhadap keadaan mereka saat ini” ucap Herman Sakti selaku sekretaris DPD IMM Sumut di depan kantor UNHCR Medan (01/12/21).

IMM meminta kepada pemerintah yang menangani tentang refugee baik itu imigrasi, menteri luar negeri dan lain – lain agar memperhatikan refugee dari Afghanistan.

“Kami meminta kepada pemerintah yang menangani tentang refugee, walaupun negara kita hanyalah sebagai fasilitator tetapi setidaknya atas dasar kemanusiaan pemerintah harus menjembatani mereka semaksimal mungkin agar bisa berpindah ke negara bagian ataupun mendapatkan hidup yg selayaknya,” lanjut herman.

Lebih lanjut herman juga mengatakan pihak UNHCR harus bertanggung jawab atas kejadian membakar diri tersebut.

“Terkhusus UNHCR harus bertanggung jawab atas kejadian membakar diri tersebut karena jika UNHCR membuka komunikasi dengan baik dan transparan dalam informasi dan kebijakan mungkin hal yang tersebut tidak akan terjadi,” tegasnya.

Terakhir herman memberi semangat kepada para refugee agar tetap tabah dan mohon bersabar.

“Kepada saudara refugee agar tetap tabah dan mohon bersabar sekaligus tetap yakin dan berdoa semoga Allah memberikan jalan terbaik dan hidayah bagi UNHCR agar saudara refugee mendapatkan hak – haknya,” tutup herman.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kedatangan Bupati Tapsel dan Thariq Disambut Anak-anak Sekolah Minggu

11 Juli 2024 - 19:46 WIB

Zikir Akbar Wilayah: PPITTNI Padangsidimpuan Siap Berangkat untuk Mendoakan Indonesia Emas

18 Juni 2024 - 12:38 WIB

Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan, DWP STAIN Madina Salurkan Paket Sembako

29 Maret 2024 - 01:46 WIB

Partuha Maujana Simalungun: Tidak Ada Tanah Adat di Wilayah Kabupaten Simalungun

28 Maret 2024 - 12:56 WIB

Menjadi Teladan, Tabuyung Desa Mandiri yang Berhasil Lawan Stunting

28 November 2023 - 12:36 WIB

Trending di Daerah