Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Warta

Pengurus IMLA Padangsidimpuan Resmi Dilantik di UIN SYAHADA

badge-check


					Ket, Foto: Pelantikan Pengurus IMLA Padangsidimpuan Perbesar

Ket, Foto: Pelantikan Pengurus IMLA Padangsidimpuan

Padangsidimpuan| Ittihad Mudarrisi Lughah Al-Arabiah (IMLA) Kota Padangsidimpuan Periode 2022-2026 Menggelar Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah, di AULA Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syaikh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN SYAHADA), Kamis (11/8/2022).

IMLA merupakan Organisasi keprofesian di bidang pengajaran Bahasa arab yang terstruktur secara Nasional dan International yang di dalamnya terdapat guru, dosen dan pecinta Bahasa arab. Organisasi ini menjadi wadah bagi pengajar Bahasa arab untuk membangun pembelajaran Bahasa arab menjadi lebih baik.

Para pengajar Bahasa arab di seluruh Indonesia menyatu dan berdiskusi sekaligus membangun komunikasi membahas dan mencari jalan keluar dari berbagai problematika pengajaran Bahasa arab. Selain itu, organisasi ini merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan keilmuan, relasi dan kolaborasi sesama pengajar Bahasa arab di seluruh dunia sehingga menghasilkan karya-karya besar baik berupa buku, jurnal, prosiding, dan karya lainnya yang tujuannya memajukan Bahasa arab baik secara ilmiah maupun secara praktis.

IMLA Kota Padangsidimpuan yang lantik terdiri dari dosen Bahasa Arab UIN SYAHADA dan guru-guru yang ada di kota padangsidimpuan baik dari MIN, MTSN, MAN dan guru-guru Pesantren. Seluruh pengajar Bahasa Arab di kota salak menyatu haru karena sudah sejak lama menantikan pelantikan ini untuk di jadikan sebagai tempat berdiskusi terkait dengan pengembangan diri dalam mengajar Bahasa arab. Banyak yang perlu di diskusikan dan di kerjasamakan dalam pembelajaran Bahasa arab, jika tidak punya wadah tentunya ini jadi sulit di selesaikan.

Irsal Amin, M.Pd.I sebagai Ketua Umum IMLA Kota Padangsidimpuan yang juga merupakan dosen Bahasa Arab pada Fakuktas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan UIN SYAHADA yang di lantik dalam sambutannya menyampaikan: Pelantikan ini adalah mimpi kita Bersama selaku pengajar Bahasa Arab di kota salumpat Saindege, karena kita sudah mempunyai wadah untuk menyatukan visi, misi dan membentuk komunitas pengajar Bahasa arab, Tentunya kita sangat membutuhkan wadah ini untuk saling memotivasi, saling membangun dan saling tukar pikiran sehingga Bahasa arab menjadi Bahasa yang mudah dan dapat di pelajari oleh siapapun.

Dalam pelantikan tersebut di hadiri langsung oleh pengurus pusat IMLA Indonesia bidang Keanggotaan ibu Rita Febrianta, M.Pd juga seorang Aktivis pengajaran Bahasa Arab yang sudah banyak pengalaman dalam mengkapanyekan Bahasa arab baik Nasional bahkan International. Dr. Tulus Mustafa, Lc, M.A selaku Ketua IMLA Indonesia menyampaikan dalam sambutannya secara online berharap, pelantikan ini tidak hanya seremoni belaka akantetapi harus mempunyai program yang jelas dan terukur sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh masyarakat luas.

IMLA Indonesia

Logo IMLA Indonesia

Ali Asrun,M.Ag selaku mantan ketua Jurusan Bahasa Arab yang sekarang Wakil Dekan Bidang AUPK FTIK UIN SYAHADA sekaligus sebagai Dewan Pertimbangan IMLA Padangsidimpuan, juga menyampaikan bahwa Pelantikan IMLA Kota Padangsidimpuan ini merupakan mimpi yang sudah lama ada, namun baru sekarang terwujud di bawah Nahkoda bapak Irsal Amin.

“Harapan kami adalah semoga jurusan Pendidikan Bahasa Arab di kampus tercinta kita ini maju setara dengan jurusan lainnya terutama akreditasinya, serta guru-guru Bahasa arab menyatu dan bekerjasama untuk maju dan melangkah Bersama demi Bahasa arab yang lebih baik”, ucapnya.

Dr. Eka Sustri Harida, M.Pd. sebagai Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA juga turut mendukung pelantikan tersebut karena menurut beliau dalam sambutannya, organisasi profesi dalam Pendidikan adalah kebutuhan dan mendesak, karena tujuan besar dari sebuah cita-cita tidak dapat di gapai oleh satu orang saja, maka disitulah perlunya kebersamaan.

Rektor yang di wakili Dekan Fakultas Dakwah Dr. Magdalena menyampaikan selamat kepada pengurus IMLA Kota Padangsidimpuan turut mendukung semoga kedepan wadah ini menjadi besar dan dapat berbuat lebih banyak dalam mengembangkan pengajaran Bahasa arab di kota salak.

“Harapannya harus mampu menyelesaikan dan memberikan solusi yang baik. Saya juga merasakan apa yang bapak ibu rasakan karena saya juga lulusan Sarjana Bahasa Arab”, lanjutnya.

Pembelajaran Bahasa arab pada hakikatnya merupakan sebuah kebutuhan baik untuk memahami ajaran agama Islam dan memperluas pergaulan Interantional. Banyak manfaat yang di dapatkan Ketika seseorang memahami Bahasa arab baik secara teori maupun aplikatif sehingga Indonesia selaku negara besar yang penduduknya mayoritas Muslim mengannggap Bahasa arab menjadi sebuah kebutuhan. Bahasa arab tentunya tidak akan pernah punah dari muka bumi karena merupakan Bahasa kitan suci al-qur’an, akantetapi tidak ada jaminan bahwa Bahasa arab mungkin saja hilang dari ummat Islam itu sendiri. Kewaspadaan Bahasa perlu di renungkan sehingga membawa kebermanfaatan yang lebih banyak dan di rasakan oleh siapapun.

Susunan pengurus IMLA Kota Padangsidimpuan periode 2022-2026 adalah sebagai berikut:

DEWAN PAKAR                  : Dr. Erwadi, M.A

: H. Ismail Baharuddin, M.A

: H. Nurfin Sihotang, M.A, Ph.D

DEWAN PERTIMBANGAN  : Dr. Akhiril Pane, M.Pd

: Ali Asrun Lubis, S.Ag, M.Pd

: Muhlison, M.Ag

: Muhammad Yusuf Pulungan, M.A

: Sufrin Efendi Lubis, M.A

KETUA UMUM                    : Irsal Amin, M.Pd.I

WAKIL KETUA                    : Idam Khalid Nasution, S.Pd.I, M.Pd.I

SEKRETARIS                       : Yunaldi, M.Pd

BENDAHARA                      : Afrina Refdianti, M.A

DIVISI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN

: H. Yasir Arafat Nasution, Lc, MA               STAI PERTINU

: Hasan Basri Lubis, M. A                              UIN SYAHADA

: Alfi Zarkasyi Harahap, SH.                          PP AL-ABROR

: Risna Harahap, M.Pd.I                                 MAN 2 PSP

: Ikbal Ksatria Siregar, S.Sos.I,. S.Pd             NURUL ILMI

DIVISI KELEMBAGAAN

: Maratoga Hutasuhut, M.Pd                          UIN SYAHADA

: Ermila Susanti Nasution, M.Pd                    AL-ANSOR

: Nur Hakimah Batubara, M.Sos                     UIN SYAHADA

: Asnita Simamora, S.Pd.I                              UIN SYAHADA

: Syafri Martabe Rizka Nasution, M.Pd         SIT AL-IHKLAS

: Irmayani Aflah Siregar, S.Pd.I                     MIN PALOPAT

: Samsuria Harahap, S.Sos                              MAN 1 PSP

DIVISI INFORMASI DAN PUBLIKASI

: Ira Aniati, M. Pd.I                                        UIN SYAHADA

: Fitra Hakni Batubara                                    MAN 2 PSP

: Afwan, S.Pd.I,.MA                                      UIN SYAHADA

: Wildan Saleh Sikumbang, S.Pd.                   ALUMNI UIN

DIVISI KERJASAMA

: H. Syar’an Nasution, Lc                               PP Al-ANSOR

: Parubahan Rambe, S.Pd.I                            MAN 1 PSP

: Harun Rasyid, M.Pd                                     PP BAHARUDDIN

: Muammar Dhani Galingging, S.Pd              ALUMNI UIN

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kedatangan Bupati Tapsel dan Thariq Disambut Anak-anak Sekolah Minggu

11 Juli 2024 - 19:46 WIB

Zikir Akbar Wilayah: PPITTNI Padangsidimpuan Siap Berangkat untuk Mendoakan Indonesia Emas

18 Juni 2024 - 12:38 WIB

Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan, DWP STAIN Madina Salurkan Paket Sembako

29 Maret 2024 - 01:46 WIB

Partuha Maujana Simalungun: Tidak Ada Tanah Adat di Wilayah Kabupaten Simalungun

28 Maret 2024 - 12:56 WIB

Menjadi Teladan, Tabuyung Desa Mandiri yang Berhasil Lawan Stunting

28 November 2023 - 12:36 WIB

Trending di Daerah