Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Warta

Ratusan Peserta Mengikuti Bimbingan Manasik Haji

badge-check


					
 Ket Fhoto : anak usia dini saat mengikuti bimbingan manasik haji di mesjid Agung Nur Ala Nur Perbesar

Ket Fhoto : anak usia dini saat mengikuti bimbingan manasik haji di mesjid Agung Nur Ala Nur

Mandailing Natal-Pengurus Daerah (PD) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji RA se-Kabupaten Madina di Masjid Agung Nur Alan Nur, Jalan Aek Godang, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pembelajaran terkait rangkaian ibadah haji bagi anak usia dini dibuka oleh Asisten III Setdakab Madina Sahnan Batubara.

Harun Ar-Rasyid, ketua panitia, melaporkan kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji tersebut digelar selama 4 hari, (16/02/ 2022 ) Untuk gelombang pertama, kata Harun, diikuti 333 peserta dari 5 sekolah.

Harun mengungkapkan, jumlah murid RA se-Kabupaten Madina mencapai 1.109 orang dan 116 orang pembimbing Sehingga, kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji ini akan diikuti 1.225 peserta.

“Kami berterima kasih kepada seluruh organisasi pemerintah yang telah membantu, sehingga kami bisa menyelenggarakan acara ini dengan penuh kebahagiaan. Alhamdulillah, harapan yang seharusnya satu tahun belakangan ini dapat kita wujudkan,” katanya.

Sementara Bupati Madina H.M. Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Sahnan Batubara berharap kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji tersebut dapat berlangsung hikmad sesuai yang diharapkan.

Sahnan mengatakan, kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji pada anak usia dini merupakan upaya mengimplementasikan rukun Islam yang kelima.

“Tujuannya untuk membantu pemahaman nilai-nilai tatanan sejak dini untuk dijadikan acuan masa depan, sehingga tertanan ajaran agama yang lebih baik. Ketika mereka dewasa nanti, anak-anak akan memahami nilai-nilai agamis atau religius,” katanya.

Selain itu, Sahnan juga berharap kegiatan praktek manasik haji dapat mendorong peserta didik untuk lebih bertaqwa, sehingga kedepannya dapat menjadi anak yang soleh dan solehah.

Kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji bagi anak usia dini, menurut Sahnan, merupakan pendidikan fundamental bagi anak usia emas. Artinya, memberikan pemahaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia.

Reporter : Sulaiman Nasution / A.lubis
Editor : FA

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kedatangan Bupati Tapsel dan Thariq Disambut Anak-anak Sekolah Minggu

11 Juli 2024 - 19:46 WIB

Zikir Akbar Wilayah: PPITTNI Padangsidimpuan Siap Berangkat untuk Mendoakan Indonesia Emas

18 Juni 2024 - 12:38 WIB

Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan, DWP STAIN Madina Salurkan Paket Sembako

29 Maret 2024 - 01:46 WIB

Partuha Maujana Simalungun: Tidak Ada Tanah Adat di Wilayah Kabupaten Simalungun

28 Maret 2024 - 12:56 WIB

Menjadi Teladan, Tabuyung Desa Mandiri yang Berhasil Lawan Stunting

28 November 2023 - 12:36 WIB

Trending di Daerah