Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Mahasiswa

Tiara, Anak Buruh Bangunan yang Lolos UGM Tanpa Tes

badge-check


					Tiara Yosianti Solekhah (17), Sedang belajar Dirumah Perbesar

Tiara Yosianti Solekhah (17), Sedang belajar Dirumah

Keterbatasan ekonomi tak membatasi seseorang untuk melanjutkan pedidikannya ke perguruan tinggi. Tiara Yosianti Solekhah (17) membuktikan bahwa anak buruh bangunan seperti dia dapat bersekolah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia Universitas Gadjah Mada. Tiara yang merupakan anak bungsu dari Mujiono (55) dan Sumiyati (61) berhasil di terima kuliah di juruan FMIPA tanpa tes dan tanpa dipungut biaya kuliah hingga usai.

Sang Ayah yang hanya seorang Buruh Bangunan yang berpenghasilan Rp. 500 ribu perbulan dan menjadi satu-satunya tulang punggung di keluarganya. Kondisi keluarga tambah berat sejak sang kakak mengalami gangguan jiwa sejak 10 tahun terakhir.

“Ayah kerja jadi buruh bangunan yang kerjanya tergantung proyek. Jadi kalau ada proyek baru kerja” ungkap tiara pada media UGM, Senin (10/08/20).

Namun di tengah keterbatasan Tiara tetap tak mengeluh dan berusaha karena ia yakin bahwa di setiap kesulitan pasti akan ada jalan keluarnya.

“Sesungguhnya di setiap kesulitan itu ada kemudahan, QS. Al Insyirah:6. Itu yang selalu saya jadikan pegangan untuk selalu mengingat Allah dan tidak pernah putus asa,” katanya.

Tiara berpendapat bahwa dengan kuliah ke perguruan tinggi dapat menjadi bekalnya di masa depan dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Dari kecil dulu ia sangat ingin berkuliah dan ketika duduk di bangku SMA keinginannya yang ingin berkuliah ke perguruan tinggi sempat ia urungkan. Mengingat kondisi keluarganya yang serba terbatas.

Namun Tiara memberanikan niatnya untuk menyampaikannya impiannya dari kecil itu kepada kedua orang tua.

“Awalnya bilang ke ayah ibu, setamat SMA ingin kuliah di UGM. Sempat bimbang juga orang tua, tetapi akhirnya mendukung dan akan mengupayakan biaya sebiasanya,” papar Alumnus SMA 8 Yogyakarta ini.

Sejak SD dulu dan sampai SMA tiara merupakan Siswa yang berprestasi, hal itu di buktikan Tiara selalu masuk peringkat 3 besar di kelasnya. Selain itu ia juga pernah menjadi juara 1 di OSN Ekonomi tingkat kota dan Juara 2 di lomba Flag Football tingkat provinsi. Tiara juga memperoleh beasiswa KIP kuliah sehingga ia bebas uang kuliah 8 semester.

Disini ia berjanji akan terus tekun berlajar dengan serius agar bisa lulus dengan tepat waktu. Setelah Lulus ia mempunyai impian yang sangat mulia, yakni mendapatkan bisa dapat pekerjaan dan membahagiakan orang tua.

  • Sumber : Kompas.com
Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

11 Juli 2024 - 21:58 WIB

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

23 Juni 2024 - 18:43 WIB

Workshop Prodi S2 Ekonomi Syariah UIN Syahada Sidimpuan, Wujudkan Kurikulum Unggul Berbasis OBE

22 Juni 2024 - 00:52 WIB

Rektor UM Tapsel Dukung Penambahan Usia Pensiun Polisi Jadi 60 Tahun

21 Juni 2024 - 21:52 WIB

Jelang Pilkada November 2024, IMM Tapsel-Psp Minta Pemko Sidimpuan Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas Dan Ikrar Netralitas ASN

16 Mei 2024 - 23:05 WIB

Trending di Mahasiswa