Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Warta

Mahasiswa UNDIP Perkenalkan Budidaya Keramba Secara Sederhana Ditengah Pandemi

badge-check


					Mahasiswa UNDIP Perkenalkan Budidaya Keramba Secara Sederhana Ditengah Pandemi Perbesar

Demak (14/08/2020)– M. Ainur Rohman Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang melakukan sosialisasi atau perkenalan budidaya ikan dengan keramba secara sederhana kepada masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Kegiatan ini diharapka dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang akan melakukan budidaya ikan nantinya.

Program kegiatan yang didampingi oleh Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST,M.Eng selaku dosen pendamping KKN ini memberikan sosialisasi serta pendampingan masyarakat mengenai poin penting dalam budidaya, seperti proses pemberian pakan, jenis pakan serta padat tebar bibit yang baik.

Perkenalan budidaya ditengah pandemi ini diharapkan menjadikan alternative kegiatan yang menghasilkan bagi masyarakat nantinya, saat kegiatan ekonomi serta berkumpul masyarakat dibatasi budidaya dapat menjadikan alternative kesibukan dan sedikit menambah perekonomian keluarga.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (08/08/2020) di Desa Ruwet, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak ini menggunakan ikan lele sebagai ikan budidaya dikarenakan perlakuan yang cukup mudah dan ketahanan terhadap lingkungan baru yang baik. Media atau wadah yang digunakan dalam budidaya kali ini menggunakan keramba jarring apung (KJA) yang dilakukan di area irigasi, hal ini dikarenakan masyarakat tidak perlu melakukan pergantian media air yang biasa dilakukan dalam media kolam .

keramba-sederhana
Doc. Keramba Sederhana Untuk Membudidayakan Ikan

“Kegiatan ini semoga menjadi awal bagi warga yang akan melakukan budidaya nanti, apalagi sekarang pendapatan sedikit berkurang karena corona ini.” tutur Suratmin, salah satu warga desa.

Kegiatan ini sebagai salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka KKN mandiri TIM II Universitas Diponegoro Semarang, selama pandemic yang terjadi saat ini kegiatan KKN harus dilakukan secara mandiri atau di kampong halaman masing-masing mahasiswa. Selain itu sosialisasi juga dilakukan mengenai bahaya serta mencegah virus COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan selalu di masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kedatangan Bupati Tapsel dan Thariq Disambut Anak-anak Sekolah Minggu

11 Juli 2024 - 19:46 WIB

Zikir Akbar Wilayah: PPITTNI Padangsidimpuan Siap Berangkat untuk Mendoakan Indonesia Emas

18 Juni 2024 - 12:38 WIB

Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan, DWP STAIN Madina Salurkan Paket Sembako

29 Maret 2024 - 01:46 WIB

Partuha Maujana Simalungun: Tidak Ada Tanah Adat di Wilayah Kabupaten Simalungun

28 Maret 2024 - 12:56 WIB

Menjadi Teladan, Tabuyung Desa Mandiri yang Berhasil Lawan Stunting

28 November 2023 - 12:36 WIB

Trending di Daerah