Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Artikel

Pendidikan dan Dakwah Islam Diatas Wabah Pandemi

badge-check


					Pendidikan dan Dakwah Islam Diatas Wabah Pandemi Perbesar

Pendidikan merupakan sendi dari kehidupan, menjadi nafas keberhasilan dan kulatias dari sebuah Negara, maju mundurnya sebuah Negara dilihat dari berbagai sector diantaranya pendidikan.

Pendidikan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas hidup dalam segala bidang, oleh karena itu harus bijak dalam menanggapi permasalahan yang sedang berkembang yaitu wabah pandemi covid 19 yang berdampak ketidak produkitfan proses belajar mengajar yang ditangani oleh sisitem online.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman didalam Q.S. Al-Mujadilah ayat 11 yang berbunyi :

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ  ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ  ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya : “(Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepada kalian, Berlapang-lapanglah) berluas-luaslah (dalam majelis) yaitu majelis tempat Nabi saw. berada, dan majelis zikir sehingga orang-orang yang datang kepada kalian dapat tempat duduk. Menurut suatu qiraat lafal al-majaalis dibaca al-majlis dalam bentuk mufrad (maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untuk kalian) di surga nanti. (Dan apabila dikatakan, Berdirilah kalian) untuk melakukan sholat dan hal-hal lainnya yang termasuk amal-amal kebaikan (maka berdirilah) menurut qiraat lainnya kedua-duanya dibaca fansyuzuu dengan memakai harakat damah pada huruf Syinnya (niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian) karena ketaatannya dalam hal tersebut (dan) Dia meninggikan pula (orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat) di surga nanti. (Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan).”

Dari ayat diatas menjelaskan bahwa Allah Swt akan mengangkat derajat orang-orang yang menuntut ilmu diangkat beberapa derajat. Dari hal ini bawa ilmu itu penting yang akan mengistimewakan kita beberapa derajat pada saat menuntut ilmu dan keberkahan ilmu di dapat dari kesungguhan dalam menuntutnya serta terciptanya akhlakul karimah yang baik pula.

Namun pada masa pandemi covid 19 saat ini kita harus mampu mensiasati bagaimana tetap produktif belajar dirumah walau tidak tatap muka bersama tenaga pengajar baik guru maupun dosen.

Perkembangan wabah virus corona seharusnya mampu memberikan manfaat kualitas hidup lebih produktif dirumah dan waktu yang berkualitas dengan keluarga. Pentingnya seorang ibu dan ayah membimbing anaknya menjadi cerdas dalam karakter dan ranah intelektual yang diajarkan di sekolah formal seperti mengontrol jam belajar, waktu menggunakan hand phone, serta memfasilitasi data yang diperlukan si anak.

Konsep dalam islam sendiri yang pertama, “baiti jannati” rumahku adalah syurgaku harus dirasakan setiap individu keluarga tersebut terkusus seorang anak.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Food Estate dan Kesejahteraan Masyarakat

30 Mei 2024 - 13:51 WIB

Husni Mubarak Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi USU/ Penulis/ Ist

Kunjungan Kapolres Madina ke Pantai Batu Ruso Tabuyung: Dorong Peningkatan Pelayanan Wisata

14 April 2024 - 21:00 WIB

Empowerment IMMawati: Meningkatkan Kapasitas dan Pengaruh Untuk Kesetaraan Gender

1 April 2024 - 22:01 WIB

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

3 Februari 2024 - 20:44 WIB

Kontroversi Boikot Produk Menjadi Konflik Nasional

21 November 2023 - 13:43 WIB

Trending di Artikel