Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Opini

Merger Bank Syariah Efektif Pada Tahun 2021, BRIS Jadi Surviving Entity

badge-check


					Foto Penulis Sedang Simulasi Praktik Perbank Syariah Perbesar

Foto Penulis Sedang Simulasi Praktik Perbank Syariah

Ditulis Oleh Fauzan Azmi

Merger bank syariah dilakukan oleh anak usaha bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah menjadi satu entitas bank.

Setelah sekian lama wacana merger ini dicanangkan akhirnya dapat terwujud juga. Sesuai yang dikatakan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa merger akan terjadi pada Februari 2021. prosenyapun sudah berlangsung saat ini.

Erick Thohir juga menerangkan  bahwa ketiga bank merger menyepakati penggabungan dan juga telah menadatangani suatu perjanjian penggabungan bersyarat.

Data yang dihimpun penulis dari beberapa sumber, bank syariah ini bakal mempekerjakan perizinan ke OJK dan ke pasar modal.

Dalam mega merger ini yang ditunjuk menjadi Surviving Entity atau bank survivor adalah PT BRIS, pemegang saham BNIS dan BSM.

Dengan Komposisi pemegang saham yakni 51,2% saham BSM, 25% saham BNIS, 17,4% saham BRIS dan 4,4% investor publik.

Penggabungan ini akan efektif apabila persetujuan dari otoritas terkait sudah dipegang dan memperhatikan peraturan peraturan yang berlaku.

Tidak lupa pula melihat anggaran dasar masing masing bank.

Menurut penulis merger bank syariah ini sangat bagus dan tepat untuk kemajuan perbankan syariah dan umumnya meningkatkan perekonomian syariah Indonesia.

Kenapa tidak, pasalnya Indonesia yang mayoritas muslim mencapai 87% dari keseluruhan total penduduk tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan menjadi top 10 global perbankan syariah.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat

29 Juni 2024 - 22:56 WIB

Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga di Swalayan

27 Mei 2024 - 08:13 WIB

Muhammad Fachrul Hudallah (Ketua Gerakan Peduli Konsumen)

Kisah Inspiratif, Dr. JWS Rizki Jadi Sorotan Penutupan Rakernas DWP Kemenag RI sebagai MC yang Memukau

9 Februari 2024 - 19:16 WIB

Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

3 Februari 2024 - 20:44 WIB

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

2 Februari 2024 - 17:21 WIB

Trending di News