Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Artikel

Yuk! Lebih Dekat dengan Sumatera Utara

badge-check


					Kunjungan Gubernur SUMUT ke Objek Wisata Aek Sijornni Perbesar

Kunjungan Gubernur SUMUT ke Objek Wisata Aek Sijornni

Sumatera Utara (disingkat SUMUT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera. Ibu kota Provinsi berada di Medan. Terkenal akan suku Batak yang keras namun  tidak sebetulnya benar akan tindakan, hanya saja cara pengucapan dan itu biasa di daerah Toba dan sangat berbanding terbalik dengan daerah Mandailing yang lembut berbahasa. Setelah membaca teks diatas kamu pasti berpikir, Apa sih yang bisa dibanggakan dari Sumatera Utara? Lalu apa saja ciri khas dari Sumatera Utara. Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” So, yuk kita lebih dekat dengan Sumatera Utara agar lebih tahu dan bukan sok tahu.

Kali ini saya akan membahas satu persatu, dari Prestasi, Adat, Makanan, dan

Tempat Wisata. Namun sebelum itu saya akan memperkenalkan penduduk asli wilayah Sumut yang terdiri dari Batak, Nias, Siladang, dan Melayu. Tuh, bukan hanya satu suku, tapi ada banyak yang membuat saya bangga termasuk dalam suku batak yang terlihat garang namun manis jika tersenyum.

Beberapa bulan lalu10 Pelajar Harumkan Nama Sumut di Word Scholar`s Cup 2019. Sepuluh pelajar dari Singapore Intercultural School (SIS) Medan, berhasil mengharumkan nama Sumatera Utara di ajang kompetisi pelajar internasional, di Sydney, Australia, 15-20 Agustus 2019 lalu. Atas keberhasilan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang diraih tersebut.

Adat Khas Sumatera Utara

Selanjutnya kita beralih ke Adat khas dari Sumut. Tidak tahu kapan upacara di Sumut bisa bertahan, yang pasti tugas kita sebagai warga Negara terutama warga Sumut harus melestarikannya sampai kapan pun juga. Meski tidak mudah, jika dikerjakan dengan sinergitas antara pemerintah dengan rakyat, maka bukan cuma budaya Sumut saja, budaya daerah lain juga akan semakin terjaga eksitensinya. Prediksi menyatakan bahwa ada ratusan upacara yang ada di Sumatera Utara. Karena keterbatasan waktu dan budaya maka saat ini saya akan sajikan yang berhasil dikumpulkan. Selamat menyimak!

  • Upacara Mangulosi, ialah kebiasaan yang dilakukan guna menyambut kedatangan sang bayi yang baru lahir di kepercayaan masyarakat Batak. Kegiatan ini dilakukan oleh atau kepada ayah dan ibu sang bayi.
  • Upacara Mangokal Holi, tradisi ini memakan biaya yang tidak sedikit. Tidak semua warga Sumut bisa melakukannya. Hanya orang-orang tertentu saja, pengusaha atau pejabat yang punya dana berlebih. Upacara ini mengambil tulang belulang dari leluhur dari dalam kuburan, kemudian ditempatkan dalam peti dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang belulang leluhur.
  • Upacara Mandi Balimo, atau di bahasa kami Padangsidimpuan menyebutnya marpangir. Kebiasaan ini merupakan upacara pembersihan badan sebelum bulan suci Ramadhan yang dirindukan telah tiba. Sebelum bulan Ramadhan warga Sumut secara umum mengadakan prosesi mandi dengan cara mandi guyuran air yang telah dicampur rempah-rempah.
  • Martutu Aek, merupakan proses pemandian dan pemberian nama kepada anak dimasyarakat Batak, dimana anak akan disucikan dan didoakan.
  • Pasahat Boru, penyerahan tanggung jawab orang tua kepada suami anak gadisnya. Ini dilakukan pada upacara perkawinan adat dalam masyarakat etnik Angkola.

Menu Khas Sumatera Utara

Itu dia sebagian adat khas Sumut yang ada di Sumut yang pastinya buat saya semakin bangga akan kebudayaan yang melimpah ruah. Sekarang saya bakal  membahas makanan khas Sumatera Utara menggoda selera yang mesti wajib dicicipi turis, pengunjung dari luar kota, apalagi kamu yang orang asli Sumut.

  1. Anyang Pakis
  2. Bika Ambon *kebanggan banget dong pastinya
  3. Lemang
  4. Kue Putu Bambu
  5. Arsik
  6. Sate Kerang
  7. Itak
  8. Kue Ombus-ombus
  9. Bulunggadung
  10. Sambal tuktuk *khas banget nih
  11. Sinyarnyar
  12. Panggelong *favorite saya
  13. Holat
  14. Dodol Salak
  15. Pakkat *wajib dicoba nih
  16. Mie Gomak
  17. Naniura
  18. Saleh Gulai
  19. Ikan Haporas,
  20. Alame
  21. Kipang
  22. Bika bakar
  23. Salak *kebanggaan dari Padangsidimpuan
  24. Wajid
  25. Sasagun
  26. Anyang babiat 
  27. Kapundung
  28. Kadongdong
  29. Balakka
  30. Toge panyabungan
  31. Incur, dan banyak lagi.

Semua wajib dicoba kerena selain rasanya yang enak dan juga buat nagih dong pastinya, jujur saya bangga banget sebagai orang Sumut yang mempunyai banyak makanan khas yang gak cuma punya empat atau lima, tapi ada banyak banget makanan khasnya, sampai-sampai menggugah selera saya.

Objek Wisata Sumatera Utara

Selanjutnya saya bakal kenalin Tempat Wisata Sumut yang gak kalah terkenal dari tempat wisata di daerah lain,bahkan salah satunya dianggap surga dunia dan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, apalagi kalau bukan Danau Toba. Selama ini mungkin Danau Toba sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Danau Toba ini menjadi ikonnya Sumatera Utara. Danau yang cukup unik ini memiliki sebuah pulau ditenganhnya, yaitu pulau Samosir. Di pulau samosir ada banyak tempat wisata yang bisa kita nikmati. Itu dia sedikit tentang Danau Toba yang menjadi ikon di Sumatera Utara juga kebanggaan warga Sumut dan saya. Masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang harus dikunjungi di Sumatera Utara selain Danau Toba dan istana Maimun, jika ada yang berminat mengunjunginya harus menyediakan waktu 7-10 hari, karena memang banyak sekali.

Yuk, langsung saja.

  • Aek Sijorni, tempat wisata ini mungkin kurang popular di telinga wisatawan karena memang tempat ini kurang diperhatikan pemerintah. Aek sijorni adalah tempat wisata berupa air terjun, dan memiliki air yang jernih. Berlokasi di desa Aek Libung, dan termasuk salah satu tempat liburan seru yang saying banget untuk dilewatkan. Saya juga sering kesana sebab airnya jernih sekali dan mudah untuk dijangkau.
  • Air Terjun Silima-lima, berada di Padangsidimpuan (*tempat tinggal saya nih), berlokasi di Maju Mambe, Kecamatan Marancar. Fasilitas yang memadai, jalan ke arah air terjun memang membutuhkan tenaga ekstra. Namun jika sampai disana mata kita akan kembali segar untuk mandi di bawah air terjun, juga tak kalah indah pemadangan saat berjalan menuju air terjun.
  • Istana Raja Najunggal, semacam istana di kampungku. Merupakan rumah godang dari marga Harahap yang kebetulan ibu saya adalah Hrahap. Saya sering melewati Bagas Godang Najunggal dan selalu kagum, menariknya berada di tepi jalan sehingga jika lewat dari Padangsidimpuan ke Mandailing begitu pun sebaliknya pasti akan melihat Bagas Godang ini.
  • Sibio-bio, merupakan wisata yang sedang hits di Padangsidimpuan. Saking hitsnya setiap melihat media social teman-teman kalau liburan pasti disini. Yang terkenal adalah bangunannya dengan kolam, mirip seperti di Dusun Bambu, Lembang Bandung. Kebanyakan orang yang datang kesini untuk berphoto, ini cocoklah bagi penyuka photo.

Nah, itu dia semua tentang Sumatera Utara yang membuat saya bangga jadi anak

Sumatera Utara. Jadi jika saya ditanya apa yang bisa dibanggakan dari Sumatera Utara,saya rasa sudah terjawab dari penjelasan diatas yang banyak sekali kekayaan mulai dari Adat, Makanan, Tempat Wisata, dan bukan hanya itu saja, saya punya 1001 alasan mengapa Bangga jadi orang Sumut. Oleh sebab itu, bangga lah menjadi putra daerah suku Batak dan melestarikan, juga memperkenalkan apa-apa saja yang ada di

Sumatera Utara sampai dunia tahu akan indah dan beragamnya Sumut dan Indonesia.

Oleh : Nurul Arifah Rangkuti

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Food Estate dan Kesejahteraan Masyarakat

30 Mei 2024 - 13:51 WIB

Husni Mubarak Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi USU/ Penulis/ Ist

Kunjungan Kapolres Madina ke Pantai Batu Ruso Tabuyung: Dorong Peningkatan Pelayanan Wisata

14 April 2024 - 21:00 WIB

Empowerment IMMawati: Meningkatkan Kapasitas dan Pengaruh Untuk Kesetaraan Gender

1 April 2024 - 22:01 WIB

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

3 Februari 2024 - 20:44 WIB

Kontroversi Boikot Produk Menjadi Konflik Nasional

21 November 2023 - 13:43 WIB

Trending di Artikel