Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Narasi

Menatap Indonesia Baru Pasca Covid-19

badge-check


					Menatap Indonesia Baru Pasca Covid-19 Perbesar

Pandemi di Indonesia sudah berjalan cukup lama. Kondisi ini memberikan dampak yang sangat besar kepada seluruh masyarakat.

Selama pandemi berlangsung, Indonesia telah melewati banyak tantangan kehidupan yang sangat besar.

Ujian yang dirasakan sangat menguras tenaga untuk hal tersebut. Regulasi pemerintah yang dikeluarkan setelah penetapan terkait indonesia terkena dampak covid-19 memberikan dampak luas pada produktivitas, distribusi dan kebiatan oprasional masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dalam sehari – hari.

Ekonomi indonesia diperkirakan selama pandemi tumbuh negatif, terjadinya penurunan diberbagai sektor, UMKM mulai mengalami penurunan produktivitas dan perusahaan – perusahaan industri mengalami penurunan.

Diluar dampak dalam aspek ekonomi dalam hal ini pertumbuhan ekonomi berdasarkan aktivitas produksi yang terjadi, masyarakat juga terkena dam pak secara psikologi.

Semangat gotong royong dalam berbangsa bernegara yang diimplemntasikan dalam kehidupan sehari – hari tidak lagi dapat dilakukan.

Interaksi sosial bersama dengan masyarakat lainnya tidak lagi terjalankan. Ini bentuk tekanan secara batin, kebiasaan bersosial, shering, liburan menikmati kebersamaan dengan keluarga, teman, pacar dan lain sebagainya tidak lagi dijalankan seperti biasanya.

Berkali – kali indonesia masuk dalam zona merah, berkali – kali juga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan memberikan pembatasan sosial.

Waktu satu lebih adalah waktu yang sangat panjang. Logika mendasar untuk membedah dampak covid 19 dalam sektor perekonomian adalah “ kebutuhan masyarakat setiap hari terus bertambah,

namun elemen yang menyediakan kebutuhan tersebut terbatas dalam hal produktivitas, artiannya, kebutuhan dan ketersediaan logistik kebutuhan tidak berjalan berdampingan”

kondisi tersebut membuat kebutuhan dan ketersediaan berbanding terbalik, satu sisi terus meningkat diaspek kebutuhan masyarakat dan disatu sisi mengalami penurunan produktifitas untuk kebutuhan tersebut.

Terlepas dari kondisi tersebut, aktivitas mayarakat dalam hal merumuskan pembangunan perekonomian tetap dilakukan, tercatan ditahun 2020,

indeks keyakinan konsumen ( IKK ) mengalami peningkatan dari angka 92 pada bulan November 2020 menjadi 96,5 pada Desember 2020.

Optimisme kemudian meningkat, ditengah kondisi yang masih terbatas, masyarakat tetap menunjukkan perkembangan dalam hal usahanya.

Jauh sebelum itu, IKK paling buruk terjadi pada bulan Mei 2020.
Situasi ini merupakan situasi secara umum yang dirasakan oleh masyarakat.

Perumusan pembangunan masyarakat harus kemudian dilakukan secepat mungkin, agar pertumbuhankehidupan masyarakat dapat lebih baik untuk kedepannya. Sehingga persentasi kehidupan tidak kemudian merosok hingga 0 %.

Pertarungan terhadap diri sendiri adalah hal yang akan terjadi, karena tentunya masyarakat akan menjalankan sesuatu yang sangat berbeda.

Waktunya untuk menatap indonesia baru pasca pandemi. aktivitas pemulihan mulai dirancang berdasarkan bebagai bentuk aktivitas yang pernah dilewati dimasa pandemi.

Pemetaan kondisi dan penangananya perlu dilakukan, ada beberapa sektor yang perlu segera dibenahi dalam ha ini ekonomi, politik, dan pendidikan.

Serta hal mendasar adalah bagaimana mengembalikan semangat juang dan gotong royong disetiap masyarakat.

Dalam sektor perekonomian masyarakat, perubahan konsep jual beli perlu dilakukan. Perubahan ini dapat diselaraskan dengan perkembangan teknologi yang telah terjadi.

penggunaan platform online untuk ditengah pandemi dan pasca pandemi akan mempermudah dalam hal penjlanan teknis usaha tersebut.

Sebagaimana kemudian kita ketahui bahwa UMKM sangat banyak, jika transaksi masih seperti bisanya akan membuat kesulitan karena keterbatasan aktivitas masyarakat.

Dengan demikian solusi untuk digitalisasi jual beli barang dan sebagainya perluy dilakukan, sehingga yang melakukan aktivitas tersebut tidak kemudian berkerumun.

Tinggal memasang orang untuk meghendel dalam aspek produksi.
Dalam sektor politik dapat kita merujuk pada bagaimana penjalanan struktur pemerintahan dalam mengawal setiap kebijakan dan merumuskan kebijakan untuk negasa dan bangsa ini.

Pemerintah yang memiliki peran aktif untuk hal ini dapat kemudian menerapkan prinsip negara yang demokratis.

Sebagaimana yang terjadi selama pandemi, banyak regulasi yang kemudian bertentangan dengan kebutuhan masyarakat, sehingga gejolak terjadi dimana – dimana.

Prinsip demokrasi yang dimaksud adalah bagaimana setiap perumusan kebijakan pemerintah harus melibatkan setiap elemen ytang ada dimasyarakat,

jika sebelumnya aspirasi masyarakat hanya dibawa oleh dewan rakyat, maka untuk kondisi kedepan perlu kemudian dirubah.

Perubahan dapat diawali dari pemetaan, serta mengintegrasikan setiap elemen yang ada dimsayarakat.

Agar narasi – narasi pembangunan masyarakat dapat saling terbuhung dan bermuara pada satu titik yang sama yakni kebijakan berbasis keadilan.

Ekonomi dan politik merupakan dua bidang yang sangat besar dan aktivitasnya mempengarusi kualitas masyarakat.

salah satu bidang kemudian yang sangat berperan aktif dan perlyu diperhatikan dengan jelas adalah pendidikan.

Disinilah negara hari ini dirumuskan dan masa suatu bangsa tergantung bagaimana generasi muda dibina dengan baik.

Dunia pendidikan pasca pandemi harus merumuskan konsep yang efektif dan efisien untuk dijalankan dengan pertimbangan penyampaiyan secara menyeluruh dan mendalam terkait apa yang diberikan kepeserta didik.

Rancangan yang dapat kemudian diimplementasikan adalah modeling pembelajaran. Modeling yang dimaksud adalah bagaimana pemetaan peserta didik berdasarkan kelasnya dan disatukan dalam sebuah forum forum online dan satu platfom yang sama.

Modeling pembelajaran dalam pemberian materi dan wawasan disampaikan secara berkala dan mendisain pembelajaran yang menarik serta menyenangkan untuk peserta didik.

Ketiga dimensi ini merupakan hal yang paling urgen untuk kemudian memberikan sumbangsi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan kualitas terbaik.

Gambaran umum peradaban ditentukan dari perilaku manusianya. Menatap masyarakat indonesia lebih baik pasca pandemi dan melakukan perubahan sistem dalam masyarakat dapat dilakukan perlahan.

Indonesia harus menjadi pelopor perubahan dibawa kebersamaan bangsa ini akan menjadi bangsa yang kuat dan bermartabat.

Melakukan sebuah kolaborasi merupakan langkah yang perlu dilakukan sebagai bentuk gotong royong masyarakat dalam melewati segala bentuk problematikan yang terjadi dalam kehidupan selama pandemi.

Tinjauan awal dalam hal sektor ekonomi yang harus dilakukan adalah membangun usaha kolektif disetiap masyarakat,

dalam sektor politik terkait bagai peran pemerintah dalam mengawal masyarakatnya menuju indonesia baru,

tentunya meminimalisir semua permasalahan korupsi dan menempatkan kebutuhan masyarakat sebagai posisi pertama.

Dalam situasi dan kondisi seperti ini perlu kemudian kepercayaan dan tanggung jawab berbangsa dan bernegara dikedepankan.

Penerapan semangat gotong royong merupakan sebuah bentuk ihktiar kita dalam menghadapi dan memberikan contoh bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara adalah kehidupan yang baik dan harmonis.

Indonesia adalah negara yang besar. Sebuah negara yang ditopang oleh sebuah generasi dan masyarakat yang memiliki intelektualitas yang tinggi.

Kekekluargaan dan kesederhanaan adalah sebuah kebudayaan dan menjadi ciri khas dari masyarakat indonesi.

Sebuah negara dengan masyarakat yang pantang menyerah dan tanggu dalam menghadapi rintangan yang dilalui.

Semangat perubahan menuju indonesia lebih baik dan maju pasca pandemi merupakan gagasan yang harus segera direalisasikan.

Bangkit dari sebuah keterpurukan dan kesengsaraan adalah kewajiban yang harus ditunaikan, membangun orientasi menuju arah yang lenih baik akan terwujud jika masyarakatnya sadar akan semangat kekeluargaan yang gotong royong yang ditinggalkan oleh pendahulu bangsa ini.

Serta kesadaran untuk menghilangkan perilaku yang merugikan bangsa ini seperti kebiasaan mencuri diatas meja.

Memanipulasi sebuah hak masyarakat adalah problem terbesar negeri ini kesejahtraan masyarakat adalah tujuan diatas segalanya. Perubahan akan hal itu adalah langkah menuju indonesia maju pasca pandemi.

Oleh : Arifin Maulana

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

BPD Tabuyung Resmi Dilantik, Camat Muara Batang Gadis Tekankan Peran Pengawasan dan Kompak!

22 Januari 2024 - 16:31 WIB

Hati-Hati dalam Berdiksi

30 September 2023 - 23:52 WIB

Kapolres Zamroni Beri Penghargaan ke Masyarakat yang Berpartisipasi Ungkap Kasus Narkoba

13 September 2023 - 23:42 WIB

Sat Resnarkoba Polres Tapsel Berhasil Menangkap Pengedar Sabu

15 Juni 2023 - 16:34 WIB

Memaknai Milad IMM ke 59 Tahun

14 Maret 2023 - 12:37 WIB

Trending di Mahasiswa