Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Mahasiswa

Tips Membuat Program KKN Dari Rumah

badge-check


					Tips Membuat Program KKN Dari Rumah Perbesar

Mahasiswa akhir yang kini menjalani program pengabdian di masa pandemi berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, program mengabdi atau biasa disebut Kuliah Kerja Lapang (KKN) kali ini dilaksanakan dari rumah disingkat menjadi KKN-DR.

KKN-DR ini adalah program pengabdian yang dilaksanakan langsung di desa tempat mahasiswa tinggal.

Membuat program program yang mungkin telah dirancang sebelumnya tidak bisa dilaksanakan terlebih program yang disarankan kakak tingkat.

Nah, disini kami memberi saran dan tips program program KKN-DR yang dapat dilakukan di desa tempat kawan kawan tinggal, diantaranya adalah :

  1. Membuat PPT materi edukasi Covid-1
    Program KKN-DR ditengah pandemi tentunya sangat berbeda jauh, membuat file materi edukasi tentang covid berbentuk PPT. Dari program ini mungkin saja pihak pemerintah desa membutuhkan materi edukasi tentang covid untuk disampaikan kepada masyarakat
  2. Ikut Serta Relawan/Mengawasi/membagikan BLT-DD
    Berdasarkan Permendesa PDTT No 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendesa PDTT No 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 salah satu pointnya berbunyi “pendataan calon penerima BLT-Dana Desa dilakukan oleh Relawan Desa lawan COVID-19”. Maka mahasiswa yang lagi menjalani program KKN-DR bisa memasukkan menjadi salah satu program.
  3. Membuat website Desa
    Program satu ini memang sadikit rumit akan tetapi bisa menjadi salah satu solusi membuat program yang bagus buat desa. Apabila memang desa yang menjadi tempat kita KKN-DR, kita bisa membuatkan website Desa itu apalagi membuat website banyak gratisan dan tutorials pembuatan website banyak di dapatkan di YouTube.
  4. Membuat Masker Untuk dibagikan ke Masyarakat Desa
    Pemerintah pusat yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk memakai masker jika berkegiatan diluar rumah saat pandemi ini bisa menjadi salah satu list program yang dapat kita laksanakan dengan membuat masker kain lalu dibagikan secara gratis kepada masyarakat.
  5. Membuat tempat cuci tangan di titik titik keramain
    Mematuhi peraturan protokol kesehatan di tengah pandemi itu suatu keharusan bagi siapapun

Itu dulu saran dan tips dari kami, sebenarnya masih banyak lagi program program yang dapat dilaksanakan saat KKN-DR yaa.

Tapi yang terpenting lakukan program yang terbaik buat desa sendiri dan menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan.

Disini kami juga mendukung mahasiswa mahasiswa yang lagi mengabdi di desa sendiri untuk merilis program program KKN-DRnya di Zonaintelektual dengan menghubungi kami baik itu bentuk dokemnatasi program kegiatan maupun tulisannya seputaran KKN-DR. Selamat mengabdi #sobatZonI semua

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

11 Juli 2024 - 21:58 WIB

HMJ-EP UMSU Menorehkan Prestasi yang Membanggakan

Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

23 Juni 2024 - 18:43 WIB

Workshop Prodi S2 Ekonomi Syariah UIN Syahada Sidimpuan, Wujudkan Kurikulum Unggul Berbasis OBE

22 Juni 2024 - 00:52 WIB

Rektor UM Tapsel Dukung Penambahan Usia Pensiun Polisi Jadi 60 Tahun

21 Juni 2024 - 21:52 WIB

Jelang Pilkada November 2024, IMM Tapsel-Psp Minta Pemko Sidimpuan Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas Dan Ikrar Netralitas ASN

16 Mei 2024 - 23:05 WIB

Trending di Mahasiswa