Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Opini

KEHANCURAN GENERASI DIBAWA SISTEM PENDIDIKAN KAPITALISTIK

badge-check


					Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Dalam dunia pendidikan, paham kapitalisme telah membangun generasi yang sekularistik-materialistik-dan hedonistik. Paham ini telah menjadi sebuah landasan untuk membuat sebuah konsep pendidikan yang berlandaskan pada sebuah keuntungan modal dan strategi pencapaian target dalam kehidupan. Orientasi pendidikan kapitalistik adalah keuntungan, bukan kebermanfaatan secara hakikatnya, keberhasilan bertitelkan dengan keuntungan yang melimpah, sehingga paham ini membawa generasi bangsa ini menjadi manusia yang ambisi dan nafsu membabi buta.

Fenomena ini membuat tujuan awal dari pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendidik masyarakat agar dapat memiliki pengetahuan sudah berubah. Pendidikan menjadi sebuah alat untuk mengeruk keuntungan ( ekonomi ) semata. Adanya kesalahan dalam pengaplikasian UUD 1945 diaspek mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tanggung jawab negara. Dalam prakteknya, tanggung jawab untuk mencari ilmu menjadi urusan individu secara keseluruhan. pendanaan, logistik, dan lain sebagainya dalam aspek pendidikan harusnya tidak berbayar, karena pendidikan berada dalam tanggung jawab pemerintah dan negara, penjabaran dalam praktek dilapangan yang terlihat adalah penarikan uang secara terus-menerus, mempertegas bahwa itu adalah bentuk implementasi paham kapitalistik.

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat

29 Juni 2024 - 22:56 WIB

Perlindungan Konsumen Terhadap Pembulatan Harga di Swalayan

27 Mei 2024 - 08:13 WIB

Muhammad Fachrul Hudallah (Ketua Gerakan Peduli Konsumen)

Kisah Inspiratif, Dr. JWS Rizki Jadi Sorotan Penutupan Rakernas DWP Kemenag RI sebagai MC yang Memukau

9 Februari 2024 - 19:16 WIB

Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

3 Februari 2024 - 20:44 WIB

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

2 Februari 2024 - 17:21 WIB

Trending di News