Menu

Mode Gelap
Kasus Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu di Tanah Karo: Polda Sumut Tambah Tersangka Baru Polri Gunakan Teknologi Canggih untuk Seleksi Akpol 2024 Terungkap! Identitas dan Peran 2 Eksekutor dalam Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu Rektor UM Tapsel Kukuhkan 146 Guru Profesional, Kepala LLDIKTI Wilayah I: Jangan Berbisnis Apapun Di Sekolah Kejahatan Siber Merebak: Pembelajaran Preventif Masyarakat Kunjungan Mahasiswa MBS UIN Syahada Sidimpuan ke UMKM: Memahami Proses Bisnis dan Pemasaran Digital

Artikel

Pernah Overthinking?, Begini Cara Mengatasinya

badge-check


					Overthingking Perbesar

Overthingking

Pernakah sobat ZonI berpikir dengan sangat lama dan menyita banyak waktu? dan tidak jarang sobat ZonI  pun sadar bahwa itu berlebihan?

Seringkali pikiran itu berasal dari masa lalu yang membuat sobat ZonI merasa sakit atau malu, atau bahkan memikirkan hal yang akan dialami di masa depan yang membuat sobat ZonI merasa khawatir tidak bisa menanganinya. 

Tenang, sobat ZonI tidak sendiri, ini disebit dengan overthingking, atau simplenya berpikir berlebihan, padahal mungkin sobat ZonI tidak dengan sengaja untuk memikirkan hal itu secara berlebihan.

Hal ini juga dialami banyak orang dan biasanya akan datang pada saat akan tidur. Sobat ZoniI memikirkan banyak sekali hal sampai tengah malam, terkadang untuk meredakan hal ini sobat Zoni selalu mengalihkan perhatian keada hp dan memilih bermain sosmed yang membuat sobat ZonI jadi susah tidur.

Informasi untuk sobat ZonI, jika hal ini terjadi terus menerus,berhari-hari atau sampai berminggu-minggu bisa saja akan berpengaruh ke banyak hal, seperti tidur yang tidak optimal, dan tingkat produktivitas yang menurun.

Ilustrasi orang yang Overthinking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya overthingking ini terjadi karena dua pemikiran, masa lalu dan masa depan.

Mungkin ada penyesalan di masa lalu yang membuat sobat ZonI belum bisa move on “coba dulu aku gak ngelakuin x pasti y gak terjadi”. Ketika hal ini terjadi, ini adalah pesan dari otak yaitu ada masalah yang belum bisa dirtema, belum bisa move on yang pada akhiirnya membuat sobat ZonI kepikiran terus- menerus.

Atau mengkhawatirkan hal-hal yang akan terjadi di masa depan “aduh, gimana ya kalo nanti bla bla bla..”. nah ini kemungkinan otak cemas terhadap kejadian yang akan terjadi, seperti takut.

Tanpa sadar mungkin sobat ZonI masih mempunyai masih masalah yang nyangkut dan belum terselesaikan didalam pikiran sobat ZonI.

Misal, jika ada orang yang bertanya mengenai masalah yang dialami yang membuat sobat ZonI overthingking, kemungkinan sobat ZonI  akan sulit untuk menjawab masalahnya itu apa, bingung karena punya banyak sekali alasan yang tidak tau harus dimulai darimana. Itulah yang dialami orang-orang overthingking.

Waktunya mimin berbagi tips untuk mengurangi overthingking sobat ZonI

Print Friendly, PDF & Email

Baca Lainnya

Food Estate dan Kesejahteraan Masyarakat

30 Mei 2024 - 13:51 WIB

Husni Mubarak Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi USU/ Penulis/ Ist

Kunjungan Kapolres Madina ke Pantai Batu Ruso Tabuyung: Dorong Peningkatan Pelayanan Wisata

14 April 2024 - 21:00 WIB

Empowerment IMMawati: Meningkatkan Kapasitas dan Pengaruh Untuk Kesetaraan Gender

1 April 2024 - 22:01 WIB

Karakter Menjadi Puncak Akhir Pendidikan

3 Februari 2024 - 20:44 WIB

Kontroversi Boikot Produk Menjadi Konflik Nasional

21 November 2023 - 13:43 WIB

Trending di Artikel